Hukum Memukul Istri

Soal:

Bagaimana hukum seorang suami memukul istrinya? Bagaimanakah ketentuan syari’at dalam masalah ini? Mohon penjelasan, jazakumullah khairan!’

Jawab:

Syaikh  Muhammad   bin  Shalih  al-Utsaimin رحمه الله menjawab:

Allah عزّوجلّ berfirman:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Dan bergaullah dengan mereka secara patut (QS. an-Nisa’/4:19)

Juga firman-Nya:

وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf. (QS. al-Baqarah/2:228)

Tidak boleh bagi seseorang untuk memukul istrinya kecuali dalam batasan-batasan yang diperbolehkan oleh Allah عزّوجلّ, sebagaimana dalam firman-Nya:

وَاللاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. an-Nisa’/4:34)

Kemudian, hendaklah seorang suami tidak tergesa-gesa dalam masalah ini! Karena pemukulan yang dilakukan seorang suami terhadap istri akan mengakibatkan hubungan menjadi tidak harmonis dan selanjutnya cerai. Perbuatan seperti ini tidak selayaknya dilakukan oleh orang yang berakal.[] (Fatawa Ulama Baladil Haram, hlm.491)


Disalin dari Majalah As-Sunnah_Baituna No. 05/ Thn. XVI_1433H/2012M rubrik Sakinah, hal.8

Download:
Hukum Memukul Istri
Download Word

About these ads