Lebih Baik Cerai Daripada Dimadu

Soal:

Ada seorang lelaki yang sudah  berkeluarga, namun dia masih berkeinginan menikah dengan wanita lain, karena dia merasa tidak cukup dengan satu istri dan dia masih mengkhawatirkan dirinya akan terjatuh dalam perbuatan haram. Sementara istri pertamanya menolak keras keinglnan suaminya itu dan dia minta diceraikan jika si suami nekat menikah lagi, padahal wanita ini mengetahui syari’at Allah عزّوجلّ tentang poligami. Apa nasehat syaikh kepada si lelaki ini? Haruskah dia mengikuti penolakan istrinya dan menyerah terhadap ancaman permintaan talak ataukah dia tetap menikah dengan wanita berikutnya dan menceraikan istri pertamanya, karena dia merasa mampu untuk memberikan nafkah dan memperlakukan keduanya dengan adil?

Jawab:

Kami menasehati Saudara untuk menikah karena pernikahan itu akan lebih menjaga kehormatan dan juga mengikuti sunnah. Kami juga manasehatkan saudara untuk tidak menceraikan istri pertama. Untuk istri pertama, kami wasiatkan kepadanya agar bertakwa kepada Allah عزّوجلّ, bersabar dan tidak meminta cerai, insya Allah, Allah عزّوجلّ akan memberikan jalan keluar bagi kalian dari permasalahan ini, sebagaimana firman Allah عزّوجلّ:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا . وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan membirinya rezki dan arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. ath-Thalaq/65:2-3)

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (QS. ath-Thalaq/65:4)

Semoga Allah  عزّوجلّ  memberikan taufiq-Nya untuk kita semua.[] (Fatawa Ulama Baladil Haram, hlm.434)


Disalin dari Majalah As-Sunnah_Baituna No. 05/ Thn. XVI_1433H/2012M rubrik Sakinah, hal.9

Download:
Lebih Baik Cerai Daripada Dimadu
Download Word

About these ads