Benarkah Dukun, Penyihir & Peramal Mengetahui Ilmu Ghaib

Soal:

Benarkah tukang sihir, dukun, peramal, dan ahli perbintangan banyak mengetahui ilmu ghaib? Bagaimana kita membantah berita mereka terhadap kejadian-kejadian yang akan datang dan ternyata benar terjadi setelah itu?

Jawab:

Syaikh Shalih al-Fauzan خفظه الله menjawab:

Mereka itu mengkhabarkan manusia sesuai dengan apa yang mereka terima dari para setan yang mencuri berita dari langit. Atau perkara ghaib yang tidak diketahui manusia, akan tetapi setan melihatnya. Dengan cara itu, akhirnya setan mengkhabarkan kepada setan pembantu mereka dari golongan manusia. Hal ini tidak dianggap perkara ghaib, karena setan dapat mendengar dan melihatnya.

Akan tetapi, setan itu membumbuinya dengan seratus kedustaan dalam satu kalimat yang mereka dengar dari langit. Hingga akhirnya, manusia membenarkan terhadap semua ucapan mereka hanya karena satu kalimat yang mereka dengar dari langit. Alloh عزّوجلّ berfirman:

هَلْ أُنَبِّئُكُمْ عَلَى مَن تَنَزَّلُ الشَّيَاطِينُ. تَنَزَّلُ عَلَى كُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيمٍ. يُلْقُونَ السَّمْعَ وَأَكْثَرُهُمْ كَاذِبُونَ

Apakah Aku akan beritakan kepadamu kepada siapa setan-setan itu turun? Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa. Mereka menghadapkan pendengaran kepada setan itu, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang pendusta. (QS. asy-Syu’ara[26]: 221-223)

Adapun ilmu ghaib, termasuk kekhususan Alloh. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia. Alloh سبحانه و تعالى berfirman:

قُل لَّا يَعْلَمُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللهُ

Katakanlah: “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Alloh.” (QS. an-Naml[27]: 65)

Firman Alloh yang lain:

وَعِندَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لاَ يَعْلَمُهَا إِلاَّ هُوَ

Dan pada sisi Alloh-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. (QS. al-An’am[6]: 59)

(Muntaqa min Fatawa Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan 1/116) []


Disalin dari: Majalah Al-Furqon Ed.5 Th.V 1426 H/ 2006 M, Rubrik Fatawa terjemahan Ibnu Luqman al-Atsari خفظه الله, hal.50

Fatwa Terkait:
Apakah Wali Mengetahui Hal Ghaib?
Hukum Mengaku Tahu Ilmu Ghaib

Download:
Benarkah Dukun, Penyihir & Peramal Mengetahui Ilmu Ghaib: PDF file dan DOC file

Iklan

One comment on “Benarkah Dukun, Penyihir & Peramal Mengetahui Ilmu Ghaib

  1. Ping-balik: Ini Ustadz, Kyai, Wali, atau Dukun? (2) |

Komentar ditutup.