Membunuh Serangga Dengan Raket Listrik

Soal:

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin رحمه الله pernah ditanya tentang hukum menggunakan alat listrik yang diletakkan di wadah makanan untuk membunuh lalat, nyamuk dan serangga lainnya.

Jawab:

Syaikh رحمه الله mengatakan:

Tidak mengapa menggunakannya, dan ini bukan termasuk menyiksa dengan api, karena berdasarkan yang saya ketahui bahwa serangga-serangga tersebut mati dengan aliran listrik, buktinya jika engkau letakkan kertas di atas alat ini, kertas itu tidak terbakar. Begitu pula apabila seseorang menyentuh aliran listrik, ia akan mati tanpa terbakar.” (Liqa Bab Maftuh: 3/289)

Beliau juga mengatakan pada tempat lain, “Bahwa orang yang meletakkan alat ini tidak bermaksud untuk menyiksa lalat dan serangga dengan api, akan tetapi tujuannya adalah untuk menolak gangguannya. Memang ada hadits yang melarang menyiksa dengan api, sedangkan ini tidaklah untuk menyiksa akan tetapi untuk menolak gangguan. Kemudian, sangat sulit untuk membasmi serangga kecuali dengan menggunakan alat ini atau dengan alat yang menyemprotkan bau tidak enak yang terkadang bisa memudaratkan badan. Dan Nabi صلى الله عليه وسلم pernah membakar pohon kurma Bani Nadhir, sedangkan di pohon kurma biasanya terdapat burung, serangga dan yang semisalnya.” (Fatawa Nur ‘ala ad-Darb)[]

Download:
Membunuh Serangga Dengan Raket Listrik: PDF atau DOC


Disalin dari:
Majalah Al-Mawaddah Vol 45/Dzulhijjah 1432 H/Okt-Nov 2011 M, hal.41-42 dengan judul: Membunuh Serangga Dengan Alat Seperti Raket Listrik.

Iklan