Saya Diberi Uang Karena Sebuah Tugas

Soal:

Saya bekerja di sebuah kantor pemerintahan. Saya diberi tugas di sebuah kota tertentu dalam jangka waktu dua puluh hari. Namun saya telah menyelesaikan tugas tersebut dalam jangka waktu tujuh hari dan saya kembali pada pekerjaan saya di kantor. Beberapa waktu kemudian saya diberi uang sebagai ganti penugasan tersebut untuk waktu dua puluh hari. Apakah boleh saya menerima jumlah uang tersebut sedangkan pihak kantorpun termasuk pimpinannya mengetahui hal tersebut. Dan itu termasuk kemashlahatan dalam pandangannya. Apabila tidak diperbolehkan, apa yang harus saya lakukan?

Jawab:

Syaikh ibn Jibrin رحمه الله menjawab:

Apabila pekerjaan yang ditugaskan adalah banyak dan berat yang biasanya hanya bisa diselesaikan dalam jangka waktu dua puluh hari, namun Anda bekerja keras dan bekerja tidak seperti biasanya sehingga Anda mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dalam jangka waktu tersebut, maka Anda berhak menerima upah sesuai kadar waktu yang panjang tersebut. Apalagi pihak kantor dan pimpinan me-ngetahuinya, sebagaimana yang Anda sebutkan di atas. Wallahul muwaffiq. (Fatawa Islamiyyah karya Al-Musnad IV/313)


Disalin dari: Fatwa-fatwa Bagi Pegawai, terbitan at-Tibyan Solo, hal. 96-97

Download:
Saya Diberi Uang Karena  Sebuah Tugas: DOC atau CHM

Baca pula:
Saya Diberi Uang Lembur

