Mendoakan Orang yang Berzakat

Soal:

Adakah doa khusus saat menerima zakat? Jika tidak ada, bolehkah kita membuat-buatnya?

Jawab:

Kami tidak mengetahui doa tertentu dalam hal ini, hanya saja para Ulama menyebutkan doa berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَآجَرَكَ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ ذُخْرًا

“Semoga Allah memberkahi harta yang engkau simpan. Semoga Allah memberimu pahala dengan harta yang engkau berikan, dan menjadikannya simpanan bagimu (di akherat)”

Maka boleh bagi seorang Muslim untuk berdoa dengan doa di atas atau yang lainnya, sebagai bentuk realisasi dari firman Allah عزّوجلّ:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka, dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. at-Taubah/9:103)

Pada ayat di atas, Allah memerintahkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk mendoakan orang yang menunaikan zakat, dan perintah tersebut bersifat umum, maka dahulu pun beliau mendoakan orang-orang yang menunaikan zakat.

Dan Allah عزّوجلّ berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. al-Ahzab/33:21).[]

_________

Disalin dari Majalah As-Sunnah No. 05/ Thn. XVI_1433H/2012M hal.6, yang dijawab oleh Dr. Mis’ad bin Musa’id al-Husaini, dosen Ulumul Qur’an Universitas Islam Madinah KSA dalam Daurah Syar’iyyah di Trawas Mojokerto yang diselenggarakan pada tanggal 2-8 Juli 2012.

Download:
Mendoakan Orang yang Berzakat
Download Word

Iklan