Sholat Jama’ah Khusus Kaum Lelaki

Soal:

Kita sudah ketahui bersama bahwa shalat berjamaah itu tidak wajib bagi kaum wanita. Namun ketika mereka kaum wanita itu melaksanakan shalat berjamaah di masjid atau di al-haramain (Mekah dan Madinah), baik pada bulan Ramadhan atau pada bulan yang lain, atau pun shalat berjama’ah di mushalla khusus yang ada di sekolah-sekolah, apakah mereka juga mendapatkan keutamaan shalat berjama’ah sebagaimana kaum lelaki? Mohon penjelasan tentang masalah ini ! Ahsanallahu ilaik (Semoga Allah عزّوجلّ melimpahkan kebaikan untuk syaikh)

Jawab:

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin رحمه الله menjawab :

Kaum wanita bukanlah orang yang diperintahkan untuk melaksanakan shalat jamaah, namun mereka hanya diperbolehkan untuk mengikutinya. Kecuali shalat ‘Id, karena Nabi صلى الله عليه وسلم memerinta’hkan kaum wanita untuk keluar menuju shalat ‘Id dengan tanpa bersolek.

Jika demikian faktanya, berarti peraihan pahala yang berlipat ganda itu hanya diperuntukkan bagi kaum lelaki. Karena merekalah orang-orang yang diwajibkan (untuk shalat berjamaah). Oleh karena itu, lafazh hadits itu adalah:

صَلاَةُ الرَّجُلِ فِي جَمَاعَةٍ تُضَعَّفُ عَلَى صَلاَتِهِ فِي بَيْتِهِ، وَفِى سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا

Shalatnya seorang lelaki secara berjama’ah akan dilipat gandakan (ganjarannya) dua puluh lima kali dari shalatnya dirumah atau di pasarnya. (HR. Bukhari)

Berdasarkan ini, maka para wanita tidak mendapatkan ganjaran ini. Bahkan para Ulama berbeda pendapat tentang pensyariatan shalat jama’ah bagi kaum wanita saja tanpa ada kaum laki-laki di mushala-musnalla rumah atau disekolah. Diantara mereka ada berpendapat disunnahkan; Ada yang berpendapat diperbolehkan dan ada pula berpendapat di makruhkan. (Majmu’ Fatawa wa Rasa’il, 15/62)

___________

Disalin dari Majalah As-Sunnah No.08 Thn.XV 1433H/2011M rubrik Soal-Jawab hal. 8.

Download:
Kewajiban Shalat Jamaah Hanya Untuk Kaum Lelaki
Download Word

Lihat pula:
Seruan ‘Hayya ‘Alal Falah’ Juga Untuk Wanita?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s