Terawih Sampai Selesai atau Tahajjud

Soal:

Seseorang sudah melakukan shalat tarawih sampai selesai termasuk witir. Malam harinya dia ingin melakukan shalat tahajjud, apa yang harus dia lakukan ? Bolehkah kita melakukan shalat tahajjud setelah shalat witir ? Bagaimana hukum melakukan shalat witir dua kali dalam semalam ?

Jawab:

Bagi yang telah melaksanakan shalat tarawih sebanyak 11 rakaat, maka itu sangat bagus sekali, dan cukup. Lebih baik mencukupkan diri dengan apa yang telah ia kerjakan, sedangkan waktu yang masih tersisa atau ketika ia terjaga kembali ada baiknya bila digunakan untuk memperbanyak doa atau bacaan al-Qur’an atau amal ibadah lainnya.

Ibunda ‘Aisyah رضي الله عنها mengisahkan:

مَاكَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً

“Dahulu Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidaklah mendirikan shalat [malam] lebih dari sebelas rakaat, baik pada bulan ramadhan atau lainnya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Namun bila Anda tetap ingin menambah, mengingat Anda lebih memilih pendapat Ulama yang membolehkan untuk menambah jumlah rakaat shalat malam lebih dari 11 rakaat, maka itu sepenuhnya terserah kepada Anda. Akan tetapi bila anda telah mendirikan shalat witir, maka anda tidak boleh mendirikan shalat witir lagi. Hal ini, berdasarkan sabda Nabi صلى الله عليه وسلم berikut:

لَا وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ

“Tidak boleh ada dua kali shalat witir dalam satu malam.” (Abu Dawud dan lainnya).

Wallahu Ta’ala a’lam bisshawab.[]


Disalin dari Majalah as-Sunnah, Ed. Khusus No. 03-04 Thn XVI 1433H/2012M, Rubrik Soal-Jawab hal.9 Asuhan Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri خفظه الله.

Iklan

5 comments on “Terawih Sampai Selesai atau Tahajjud

  1. ada ustadz berpendapat bahwa sholat fajar dilakukan lima menit sebelum shubuh, tapi ada jg yang berpendapat bahwa sholat fajar itu ya qobla subuh dilakukan sesudah azan subuh… mohon penjelasan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s