Bagaimana Muqoddimah Khutbah

Soal:

Edisi Ramadhan kemarin pada khutbah led kok dimulai dengan takbir ? Mohon penjelasan. Jazakallah. Abu Haya Yogja

Jawab:

Masalah khutbah, baik khutbah ‘led maupun khutbah Jum’at, tidak ada tuntunan secara khusus yang mengikat yang mengharuskan khutbah dengan model tertentu. Berdasarkan ini, maka tidak ada masalah jika ada yang memulai khutbahnya dengan hamdalah, takbir atau lain sebagainya, selama itu tidak dianggap sebagai sesuatu yang disunnahkan apalagi diharuskan. Namun dianggap sekedar sebagai variasi saja maka itu tidak terlarang insya Allah  عزّوجلّ. Karena sebatas yang saya ketahui tidak ada dalil yang mengharuskan bahwa khutbah iedul fithri, idul adha atau khutbah Jum’at harus dengan model tertentu.

Yang terpenting sebenarnya dalam khutbah adalah memberikan mau’izhah baik yang berkenaan dengan hukum maupun yang lainnya. Selama isinya tidak keluar dari ajaran Islam, maka itu tidak masalah.

Walau demikian, andai khathib membuka khutbahnya dengan khutbah hajah tentu lebih utama, mengingat demikianlah dahulu kebiasaan Rasulullah صلى الله عليه وسلم.[]


Disalin dari Majalah as-Sunnah, Ed. Khusus No. 03-04 Thn XVI 1433H/2012M, Rubrik Soal-Jawab hal.8-9 Asuhan Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri خفظه الله.

Download:
Download Word atau Download PDF

Baca pula:
Khutbah Hajah
Mutiara Khutbah Hajah
Sifat Khutbah Jum’at
Khutbah Idul Fithri
Khutbah Idul Adha
Khutbah Jum’at

Tinggalkan komentar