Wajib Sholat Bila Suci Sebelum Habis Waktu

Soal:

Seorang wanita kedatangan haid setelah masuk waktu shalat, apakah wajib baglnya mengqadha’ shalat itu jika telah suci, demikian pula jika telah suci sebelum habis waktu shalat?

Jawab:

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjawab:

Pertama: Jika wanita kedatangan haid setelah masuk waktu shalat wajib baginya, jika telah suci, mengqadha’ shalat yang pada waktunya dia haid bila dia belum mengerjakannya sebelum datangnya haid. Berdasarkan sabda Rasulullah:

مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الصَّلاَةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصّلاَةَ

“Barangsiapa mendapatkan satu rakaat dari shalat, maka dia telah mendapatkan shalat itu “.

Jadi, seandainya seorang wanita bisa mengerjakan sekadar satu rakaat dari waktu shalat kemudian dia kedatangan haid sebelum mengerjakannya, maka jika dia suci nanti, wajib mengqadha ‘nya.

Kedua: Jika wanita suci dari haid sebelum habis waktu shalat, wajib baginya mengqadha’ shalat tersebut. Seandainya dia suci pada saat sekadar satu rakaat sebelum terbit matahari maka wajib baginya mengqadha’ shalat Subuh. Atau suci sebelum terbenam matahari sekadar satu rakaat, maka wajib baginya mengqadha’ shalat Asar. Atau suci sebelum tengah malam sekadar satu rakaat, wajib bagiiiya meagqadha’ shalat Isya’, namun kalau suci setelah tengah malam, tidak wajib bagiiiya shalat Isya’ tetapi dia berkewajiban shalat Subuh bila telah masuk waktunya. Firman Allah azza wa jalla:

فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka kerjakanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. ” (An-Nisa’: 103).

Berarti tidak boleh bagi seseorang mengerjakan shalat di luar waktunya atau memulai shalat sebelum masuk waktunya.

Disalin dari 52 Persoalan Sekitar Haid, Oleh Syaikh ibn Utsaimin, Terjemah Muhammad Yusuf Harun, Terbitan Yayasan al-Sofwa Jakarta, hal. 24-25 pertanyaan ke-25.

Iklan

2 comments on “Wajib Sholat Bila Suci Sebelum Habis Waktu

  1. Assalamu’alaikum.
    Akhi bagaimana jika kita bangun kesiangan untuk shalat shubuh ? dan bagaimana jika kita lupa untuk melaksanakan shalat isya’ selepas perjalanan jauh yang cukup melelahkan dan akhirnya ketiduran ?

    • Wa ‘alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
      Pertama maaf lambat direspon
      Kedua, usahakan segala upaya yang bisa membuat kita tidak bangun kesiangan; seperti tidur lebih awal dan menyiapkan jam beker
      Ketiga, dalam perjalanan Allah telah memberikan kemudahan untuk sholat jamak dan atau qosor, pergunakan kemudahan itu seperti menjamak magrib dan isya’ di waktu magrib, sehingga sampai dirumah langsung bisa istirahat..
      Ketiga, bila hal itu telah terjadi maka sholatlah ketika kita telah bangun dan ketika kita telah ingat…
      Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua, amin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s